“WORKSHOP & TALKSHOW PJTL X LITERAKSI 2.0 SUKSES DI GELAR”

Jakarta – Lembaga Pers Mahasiwa Universitas Terbuka (LPM Sukma UT) berkolaborasi dengan Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (LPM Didaktika UNJ), sukses menggelar workshop dan talkshow mengenai Jurnalistik. Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung Sertifikasi Guru Universitas Negeri Jakarta dan berlangsung selama 3 hari, pada hari Jumat hingga Minggu tanggal 20-22 Desember 2019.

Workshop dan talkshow PJTL X Literaksi 2.0 kali ini turut mengundang pembicara dari berbagai media. Di hari pertama materi mengenai “Pengambilan Data” oleh Muhammad Irham (Jurnalismedata.id), kemudian materi “Penelitian dan Pengembangan Data” oleh Irma Garnesian (Tirto.id).

Dilanjutkan hari kedua, materi yang di sajikan mengenai “Penyajian Media” oleh Rudi Andanu (Berita Satu), Johanes Randy (Detik.com) dan materi terakhir mengenai “Manajemen Web” oleh Savic Ali (Islami.co).

Sebagai materi pamungkas “Indepth” di isi oleh Restu Diantina (Tirto.id), kemudian ditutup dengan “Talkshow Fotografi dan Videografi” dengan mengundang fotografer profesional Beawiharta (freelance fotografer) dan videografer profesional Fandhi Bagus (WatchdoC).

“Tujuan di adakan kegiatan ini adalah untuk menambah informasi seputar jurnalistik dan juga menambah wawasan tentang web, selain mempelajari manajemen web kita juga belajar penyajian data, indepth, fotografi dan videografi”, ujar Tasirin selaku ketua panitia.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa, pekerja media, dan siapapun yang tertarik di dunia jurnalistik untuk bisa mendapatkan ilmu, menambah wawasan dan meningkatkan pemahaman lebih tentang seputar jurnalistik.

“Banyak banget ilmu yang di berikan sayangnya saya baru ikut di hari terakhir, tadi dapet ilmu sedikit tentang bagaimana sih kerja sebagai wartawan dan sebagainya”, ujar Fifi salah satu peserta yang hadir dalam acara PJTL X Literaksi 2.0.

“Saya yang hadir dari hari pertama sampai hari terakhir materi-materinya sangat bagus apalagi mendalam banget ilmu yang di berikan tentang materi jurnalistik”, ujar Gloria salah satu peserta yang hadir dari hari pertama sampai terakhir.

“Menarik banget acaranya saya dapet sedikit ilmu tentang seputar web, semenjak ikut workshop ini saya ada keinginan untuk membuat web ya iseng-iseng aja sambil belajar”,

Febri salah satu peserta yang juga hadir dari hari kedua menambahkan.

Penulis : Alvin A Febriansyah
Editor : Deri Ramdhani