Berdesakan di MRT

Jakarta, 23 Maret 2019 – Hari terakhir uji coba Moda Raya Terpadu (MRT) pada Sabtu, 23 Maret 2019 stasiun MRT dipenuhi banyak pengunjung. Hal ini disebabkan karena tiket gratis uji coba MRT bisa  langsung didapatkan dengan datang langsung  ke stasiun-stasiun MRT. Para pengunjung bukan hanya berasal dari DKI Jakarta, seperti Imel, ia adalah pengunjung yang berasal dari Tangerang, Banten. “Ramai banget, ya, yang datang untuk ikut trial MRT ini, penuh jadinya” ungkapnya saat diwawancarai di salah satu stasiun MRT.

Sejauh ini tanggapan pengunjung tentang hal yang menyangkut MRT adalah memuaskan, baik untuk penyebaran informasi ataupun pengalaman selama naik MRT. “Dapet infonya, sih, dari Instagram. Ramai banget, banyak orang tapi seru” ungkap sekelompok pelajar (Wahyudi, Satria, Dika). Pengunjung mengatakan bahwa MRT ini sudah cukup efektif dan efisien untuk digunakan. Para pengunjung juga mengatakan tertarik untuk menggunakan MRT jika sudah resmi dioperasikan.

Namun, bukan berarti tidak adanya kekurangan di dalam uji coba MRT ini. “Tempat sampahnya masih kurang di beberapa stasiun” keluh Sagam, salah satu pelajar yang ditemui saat mencoba MRT. Selain tempat sampah yang jarang ditemui, juga masih kurangnya tempat duduk untuk para pengunjung yang menunggu.  Lalu, ada juga keluhan mengenai tangga ekskalator yang dinilai terlalu cepat. “Seneng pertama kali naik MRT, kayak di luar negeri” tanggapan dari Ibu Yuli. “Semua udah bagus, tapi ekskalatornya cepet banget kalau untuk orang yang berumur kayak saya begini, jadi susah” imbuh Ibu Yuli dalam menyampaikan kesulitannya selama mencoba MRT.

Peresmian MRT akan dilaksankan pada hari Minggu, 24 Maret 2019. Presiden RI, Bapak Joko Widodo akan meresmikan langsung di kawasan bundaran Hotel Indonesia. Tidak hanya peresmian, masyarakat akan dihibur dengan beberapa artis ibukota. Peresmian ini tidak lantas membuat usai uji coba naik MRT secara gratis. Masih ada waktu hingga akhir Maret untuk menikmati transportasi massal yang merupakan peradaban baru Indonesia ini tanpa dipungut biaya. Yuk coba MRT sekarang!