Antusiasme Mahasiswa Baru 2019.1 di OSMB Universitas Terbuka

82
0

JAKARTA, LPM Sukma (09/03/2019) – OSMB (Orientasi Study Mahasiswa Baru) sukses diselenggarakan di UPBJJ-UT Jakarta. OSMB ini bertujuan untuk memperkenalkan tentang sistem perkuliahan di Universitas Terbuka. Setiap mahasiswa yang telah resmi bergabung dengan Universitas Terbuka wajib mengikuti OSMB ini. Perbedaan OSMB periode ini dengan yang sebelumnya adalah jumlah peserta. Jumlah peserta OSMB periode kali ini lebih sedikit dibanding dengan periode sebelumnya.

“Karena pada periode ini, kan semester ganjil ya, jadi memang kalau semester ganjil mahasiswa yang mendaftar itu lebih sedikit.” Ucap Wahyu Sudiantoro selaku Bendahara UPBJJ-UT Jakarta.

Hal ini disebabkan karena jumlah peserta mahasiswa yang mendaftar pada periode sebelumnya (2018.2) berjumlah 5.300 orang, sedangkan pada periode ini (2019.1) jumlah mahasiswa baru Universitas Terbuka hanya 3.300 orang. Pada periode 2019.1 jumlah mahasiswa terbanyak masih diduduki oleh Program Studi Manajemen, Ilmu Komunikasi, dan Hukum.

Beliau menambahkan ada beberapa terobosan dan wacana yang akan dibahas dan nanti akan diterapkan untuk sistem Universitas Terbuka, salah satunya adalah tentang billing. Pembedaan tentang billing bertujuan untuk memudahkan dalam perhitungan jumlah mahasiswa resmi.

“Jadi, billing yang dikeluarkan nantinya akan diperbaiki lagi, mungkin nanti hanya calon mahasiswa yang benar-benar mendaftar dan membayar yang akan mendapatkan billing pendaftaran.” Keterangan lanjut dari Wahyu Sudiantoro

Peserta OSMB kali ini menjelaskan perihal alasan berkuliah di Universitas Terbuka yang diungkapkan oleh Arief mahasiswa baru jurusan Ilmu Komunikasi.

“Saya memilih UT karena di sini kampus fleksibel karena saya juga kerja dan juga ini universitas negeri, kalau di universitas negeri yang lain kan saya enggak mungkin bisa daftar karena saya kerja, terus juga deket sama rumah saya di Tangerang.” Ujar Arief

Alasan berkuliah di Universitas Terbuka tidak hanya diungkapkan oleh Arief, tetapi mahasiswa baru bernama Elisa mengungkapkan alasan kenapa kuliah di Universitas Terbuka.

“Saya baru lulus tahun lalu dan saya pekerja juga, jadi pilih UT, ya karena emang biar gampang aja sekalian kerja. Kelasnya juga enggak setiap hari kan, jadi masih bisa aku hadir.” Ungkap Elisa

Elisa dan Arief berharap dengan berkuliah di Universitas Terbuka bisa berbagi ilmu yang didapat dari tempat bekerja dan kuliah, dengan harapan setelah mendapat gelar bisa amanah dan bertanggung jawab.

“Kalau aku sih, pengen prospek kerja yang lebih baik lagi, dan juga dapat nilai yang tinggi untuk jenjang kerja yang lebih baik.” Pungkas Elisa.

 

Penulis : Rizky Amarilis