Beranda Headline Berita Reuni Akbar 212 Kembali Hadir Di Jakarta

Reuni Akbar 212 Kembali Hadir Di Jakarta

100
0

LPM Sukma – Reuni akbar 212 kembali digelar pada Minggu (2/12/2018) di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Acara tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenang kembali aksi 212 yang diadakan 2 tahun lalu. Saat ini, reuni akbar 212 dihadiri oleh jutaan orang yang tidak hanya berasal dari Jakarta saja melainkan dari daerah-daerah lain di Indonesia. Di sepanjang jalan protokol hingga menuju kawasan Monas, jalanan dipenuhi oleh lautan manusia.

(Gambaran suasana Reuni Akbar 212 di kawasan Monas, Jakarta Pusat 02/12/2018)

Acara tersebut dimulai dari pukul 03:00 WIB hingga 12:00 WIB. Rangkaian acara tersebut diawali dengan dzikir dan sholawat, sholat shubuh berjamaah, menyanyikan lagu Indonesia Raya, ceramah agama oleh para ulama dan tokoh-tokoh agama kemudian diakhiri dengan doa penutup. Tokoh-tokoh penting yang mengikuti kegiatan tersebut antara lain yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, Ketua Panitia Reuni Akbar 212 Misbahul Anam dan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.

Di sepanjang acara tersebut, banyak peserta reuni akbar 212 membawa bendera tauhid disertai dengan ucapan takbir. Selain itu, adanya atribut-atribut lain seperti kaos 212, topi tauhid, pin 212 dan lain-lain.

(Sebagian orang sedang menyuarakan aksinya di luar kawasan Monas 02/12/2018)

Para peserta reuni akbar 212 diikuti oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia yang mengikuti kegiatan tersebut. Menurut Fahmi Fathoni, salah seorang peserta Reuni Akbar 212, makna dibalik acara Reuni Akbar 212 adalah adanya ukhuwah islamiyah dan bersatunya umat Islam seluruh Indonesia. Dia juga menyatakan bahwa hubungan antara politik dengan acara tersebut tergantung pada setiap orang yang hadir di acara tersebut.

Acara reuni akbar 212 ditutup dengan berjalan kaki sambil memegang bendera tauhid diiringi dengan takbir dari kawasan Monas hingga Harmoni.

 

Penulis : Khintan