Jakarta – Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Universitas Terbuka yang digelar pada sabtu lalu (8/9) menandakan telah dimulainya rangkaian kegiatan perkuliahan mahasiswa baru periode 2018.2. Namun aktualnya proses yang dihadapi oleh mahasiswa tak sepenuhnya berjalan dengan lancar. Kerusakan sistem informasi akademik atau yang biasa disebut SIA (sia.ut.ac.id) Universitas Terbuka yang sempat terjadi beberapa waktu lalu mengakibatkan mahasiswa mengalami berbagai kesulitan dan kendala. Kesulitan yang dimaksud antara lain mengenai registrasi mata kuliah, pembayaran tagihan, dan registrasi tutorial online.

Salah seorang mahasiswi baru Universitas Terbuka Sa’wa Febrianti merasa begitu kebingungan dengan kondisi tersebut. Pasalnya, tagihan SPP yang sebelumnya telah ia bayarkan dianggap belum lunas di dalam sistem informasi akademik UT.

“Padahal saya sudah bayar (SPP) tapi di SIA statusnya belum lunas,” keluh Sa’wa ketika ditanyai oleh tim LPM Sukma melalui pesan whatsapp. Akibat status pembayaran yang dianggap belum lunas, Sa’wa pun tidak dapat melakukan aktivasi tutorial online di web elearning.

Masalah yang hampir serupa juga dialami oleh mahasiswi baru program studi Sosiologi Nurshinta Putri. Bedanya, akibat sistem eror tersebut mahasiswi yang akrab dipanggil Siput itu harus datang langsung ke UPBJJ-UT Jakarta demi mencetak billing tagihan SPP secara manual. Namun ketika tagihan tersebut hendak ia bayarkan ke bank, proses pembayaran tidak dapat dilakukan karena sistem bermasalah.

Billing-nya tidak bisa dibayar di bank. Informasi dari petugas bank sistem di UT sedang eror,” ungkap Siput ketika ditanyai melalui whatsapp. Untungnya, tim LPM Sukma turun tangan membantu teman-teman anggota baru dalam menangani masalah-masalah terkait. Sehingga masalah pembayaran Siput pun berhasil diatasi.

Berbagai masalah di atas tentu juga dialami oleh banyak mahasiswa lain di luar sana. Namun, mahasiswa diharapkan untuk tetap sabar dan tidak panik. Salah satu alternatif solusi yang bisa dilakukan adalah terus memantau perkembangan informasi di web resmi Universitas Terbuka. Mahasiswa juga bisa menghubungi langsung customer service Universitas Terbuka melalui telepon Halo UT 1500024 atau via kanal email [email protected].

Selain alternatif solusi di atas, alternatif lainnya adalah bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Terbuka. Dengan begitu mahasiswa bisa memperoleh informasi terbaru melalui jaringan komunikasi di unit kegiatan mahasiswa (UKM), salah satu contohnya di UKM LPM Sukma. Sejauh ini, UKM LPM Sukma menyediakan tim khusus dalam rangka membantu teman-teman mahasiswa baru yang tengah mengalami kesulitan seperti yang disebutkan di atas. Jika ingin bergabung, silakan kontak Arif di nomor 08992526853.

 

Penulis : Ahmad Juliardi